Q1
Apa itu StarPoin?
 
StarPoin merupakan Aplikasi Loyalty Program dari seluruh financial services Sinar Mas, yang sekarang memiliki jaringan lebih luas karena meliputi perusahaan di bawah Sinar Mas. Pengguna aktifnya meliputi seluruh karyawan Sinar Mas financial services dan nasabah. StarPoin dapat digunakan untuk menikmati diskon dengan bertransaksi di merchant yang bertanda StarPoin. Pengguna dapat memilih merchant sesuai kategori pada aplikasi StarPoin dan dapat melihat penawaran terbaik yang dipromosikan StarPoin melalui akun social media StarPoin.
Q2
Apa itu Merchant StarPoin?
 
Merchant StarPoin merupakan setiap outlet atau store yang memiliki Perjanjian Kerja Sama dengan StarPoin. Dikategorikan menjadi dua:
  1. Merchant Redemptionyaitu merchant yang menyediakan penukaran e-voucher menggunakan poin StarPoin. Pengguna StarPoin terlebih dahulu menukarkan poin menjadi e-voucher, kemudian menukarkan e-voucher langsung di merchant tersebut.
  2. Merchant Discount yaitu merchant yang memiliki toko fisik dan dapat dikunjungi pengguna StarPoin untuk memperoleh diskon tanpa menggunakan poin. Cara perolehan diskon dengan cara memindai QR Code yang ada di merchant, kemudian akan muncul pemberitahuan diskon berhasil.
Q3
Bagaimana cara bergabung dengan StarPoin?
 
  1. Download aplikasi StarPoin di Google Play Store dan App Store yang ada di Smartphone
  2. Klik tombol LOGIN di bawah layar.
  3. Klik REGISTRASI / AKTIVASIuntuk membuat akun baru.
  4. Masukkan alamat email aktif untuk menerima link aktivasi. Kemudian klik link yang ada di email Anda.
Jika Anda telah memiliki akun sebelumnya, atau Anda memiliki produk dari Sinar Mas Financial Services, Anda hanya perlu melakukan aktivasi akun StarPoin.
  • Cara Aktivasi Akun StarPoin
  1. Masuk ke link yang dikirim ke alamat email (link hanya aktif dalam 20 menit, jika melebihi 20 menit Anda harus mengulang kembali step Registrasi / Aktivasi). Kemudian isi data diri sesuai form yang tersedia (No. KTP, Nama Lengkap Sesuai KTP, Tanggal Lahir).
  2. Pilih alamat email dan nomor ponsel yang aktif untuk dikirim kode OTP.
  3. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan ke SMS atau email Anda. Diharapkan untuk tidak memberikan kode kepada siapa pun, termasuk StarPoin.
  4. Setelah masuk ke halaman StarPoin, akan diarahkan untuk membuat PIN (6 digit angka).
  5. Akun telah aktif dan siap digunakan.
  Jika Anda tidak berhasil aktivasi, lakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Cara Registrasi Akun StarPoin
  1. Masuk ke link yang dikirim ke alamat email (link hanya aktif dalam 20 menit, jika melebihi 20 menit Anda harus mengulang kembali step Registrasi / Aktivasi). Kemudian isi data diri sesuai form yang tersedia (No. KTP, Nama Lengkap Sesuai KTP, Tanggal Lahir)
  2. Jika data belum terdaftar, maka Anda harus mengisi form registrasi (Alamat Email, Nomor Ponsel, Nama Ibu Kandung) untuk verifikasi data.
  3. Anda akan diminta untuk foto KTP dan selfie memegang KTP. Seluruh data pengguna akan dijaga kerahasiaannya.
  4. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan ke SMS atau email Anda. Diharapkan untuk tidak memberikan kode kepada siapa pun, termasuk StarPoin.
  5. Setelah masuk ke halaman StarPoin, akan diarahkan untuk membuat PIN (6 digit angka).
  6. Akun telah aktif dan siap digunakan.
Q4
Bagaimana cara menggunakan StarPoin di merchant?
 
Cara Menggunakan StarPoin:
  • Downloadaplikasi StarPoin di Google Play Store dan App Store yang ada di
  • Register dan lengkapi data diri kemudian Login.
  • Muncul notifikasi Izinkan StarPoin untuk mengakses lokasi perangkat ini? lalu Klik Izinkan.
  • Klik Menu Scan.
  • Scan QRpada tent card QR yang ada di merchant hingga muncul tampilan Discount/promo pada layar smartphone
  • Tunjukkan tampilan Discountpada kasir atau karyawan merchant untuk mendapatkan discount.
  • Pembayaran dapat dilakukan secara Tunai/kredit/debit.
Q5
Bagaimana jika tidak muncul tampilan diskon di layar smartphone?
 
  • Coba untuk scan ulang QR code.
  • Kemungkinan lain karena sinyal lemah, pindah ke posisi sinyal yang lebih kuat.
  • Cek apakah GPS sudah aktif atau belum. Jika belum maka aktifkan terlebih dahulu.
Q6
Bagaimana jika tampilan diskon yang muncul tidak sesuai dengan diskon yang ada di merchant?
 
Jika diskon tidak sesuai, segera infokan ke merchant untuk memberikan discount yang sesuai. Atau dapat menginfokan ke Tim StarPoin melalui email support@starpoin.id atau melalui Whatsapp di nomor +62 881-2340-800 / +62 857-1047-6705 dengan format : Nama Merchant, Lokasi Merchant, discount yang salah - discount yang seharusnya. Contoh: Bintang, Jakarta, 10% - 25%.
Q7
Apakah SimasPoin masih dapat digunakan?
 
SimasPoin sudah tidak dapat digunakan lagi karena sudah bermigrasi dengan StarPoin. Seluruh data dan jumlah poin pengguna SimasPoin akan berpindah ke StarPoin. Silakan lakukan aktivasi akun untuk verifikasi akun StarPoin.
Q8
Siapa saja yang dapat menjadi pengguna StarPoin?
 
  • Karyawan Sinar Mas dari seluruh perusahaan financial servicesSinar Mas, yaitu : Asuransi Sinar Mas, Asuransi Simas Jiwa, Asset Management, Bank Sinar Mas, Starinvestama, Sinar Mas Multifinance, dll.
  • Nasabah aktif dari Sinar Mas financial services yang menggunakan produk atau layanan jasa dan berhak memperoleh poin StarPoin.
  • Pengguna umum atau non-nasabah, yaitu pengguna selain nasabah maupun karyawan dan tidak memperoleh poin StarPoin.
Q9
Apa manfaat dan keuntungan menjadi pengguna StarPoin?
 
Sebagai pengguna, Anda akan memperoleh keuntungan:
  • Promo menarik dari merchant-merchant StarPoin berupa diskon menarik.
  • Merchant ternama di banyak tempat, yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Poin di StarPoin dapat ditukarkan dengan e-voucher untuk belanja di merchant StarPoin.
Q10
Aplikasi selalu loading saat dibuka, apa yang harus dilakukan?
 
  • Kemungkinan sinyal lemah, pindah ke posisi sinyal yang lebih kuat
  • Tutup sementara aplikasi, kemudian coba buka lagi.
Q11
Apa itu poin dalam StarPoin?
 
Poin pada StarPoin merupakan loyalty rewards yang diberikan Financial Services Sinar Mas kepada nasabah yang telah membeli produk financial services. Satu poin sama dengan Rp 1. (Contoh : untuk menukarkan voucher senilai Rp 50.000 maka dibutuhkan poin StarPoin sebanyak 50.000 poin.)
Q12
Bagaimana cara mendapatkan poin di StarPoin?
 
Nasabah Sinar Mas Financial Services dapat memperoleh poin dari membeli produk atau jasa Sinar Mas Financial Serivces. Perhitungan jumlah poin sesuai dengan ketentuan masing-masing business unit. Adapun business unit yang telah bergabung dengan StarPoin adalah Asuransi Sinar Mas, Asuransi Simas Jiwa, Asset Management, Bank Sinar Mas, dan Sinar Mas Sekuritas.
Q13
Apakah poin StarPoin memiliki masa berlaku? Kapan poin tidak dapat digunakan lagi?
 
Poin StarPoin tidak memiliki masa berlaku.
Q14
Bagaimana cara mengetahui jumlah poin yang didapatkan?
 
Poin bisa dilihat di aplikasi StarPoin dengan cara:
  • Download App StarPoin di Google Play Store dan App Store yang terdapat dalam smartphone.
  • Lakukan login terlebih dahulu
  • Poin akan muncul pada halaman depan setelah Login.
Q15
Bagaimana cara top up poin StarPoin?
 
Anda dapat melakukan top up poin StarPoin jika poin Anda tidak mencukupi untuk ditukar dengan e-voucher tertentu. Caranya :
  1. Pilih menu Profile di menu bar, dan masukkan PIN Anda
  2. Pilih Top Up Poin, akan muncul jumlah poin dan metode pembayaran (ATM, Internet / Mobile Banking, Setor melalui Teller)
  3. Silakan pilih metode pembayaran yang diinginkan :
  • ATM
Jika melalui Bank Sinarmas :
  1. Masukkan kartu ATM dan PIN BankAnda
  2. Pilih menu transfer, pilih rekening Bank Sinarmas
  3. Masukkan nomor rekening Virtual Account Bank SinarmasAnda (tertera pada aplikasi)
  4. Nama pemegang rekening : (Pastikan nama Anda sesuai dengan nama pemegang rekening)
  5. Masukkan nominal transfer
  6. Jika data sudah benar, silakan pilih “Ya”
Jika melalui Bank lainnya :
  1. Masukkan kartu ATM dan PIN Bank Anda
  2. Pilih menu Transfer
  3. Pilih Bank Sinarmas / Masukkan kode Bank : 153
  4. Masukkan 8983 + nomor ponsel Anda (tertera pada aplikasi)
  5. Nama pemegang rekening : (Pastikan nama Anda sesuai dengan nama pemegang rekening)
  6. Masukkan nominal transfer
  7. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi
 
  • Internet / Mobile Banking
Jika melalui Bank Sinarmas :
  1. Login ke Simobi Anda
  2. Pilih menu Send
  3. Masukkan PIN Simobi Anda
  4. Masukkan nomor rekening Virtual Account Bank SinarmasAnda (tertera pada aplikasi)
  5. Pilih Bank Sinarmas/ masukkan kode Bank : 153
  6. Nama pemegang rekening : (Pastikan nama Anda sesuai dengan nama pemegang rekening)
  7. Masukkan nominal transfer
  8. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi
Jika melalui Bank Sinarmas :
  1. Login ke Mobile Banking Anda
  2. Pilih menu Transfer
  3. Pilih menu Transfer ke Bank Lain
  4. Pilih Bank Sinarmas/ masukkan kode Bank : 153
  5. Masukkan 8983 + nomor ponsel Anda (tertera pada aplikasi)
  6. Nama pemegang rekening : (Pastikan nama Anda sesuai dengan nama pemegang rekening)
  7. Masukkan nominal transfer
  8. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi
 
  • Setor melalui Teller
  1. Nomor Rekening Bank Sinarmas (8983 + nomor ponsel Anda yang tertera pada aplikasi StarPoin)
  2. Nama pemegang rekening : (Pastikan nama Anda sesuai dengan nama pemegang rekening)
  3. Bank tujuan : Bank Sinarmas
  4. Masukkan nominal transfer
  5. Serahkan kepada Teller Bank Sinarmas
Q16
Bagaimana cara menukarkan poin dengan e-voucher?
 
  1. Buka aplikasi StarPoin.
  2. Login.
  3. Buka menu produk.
  4. Pillih redeem e-voucher.
  5. Pilih e-voucheryang diinginkan pada katalog.
  6. Masukkan jumlah e-voucheryang diinginkan.
  7. Tekan tombol Redeem Sekarang.
  8. Jika penukaran poin SimasPoin berhasil maka e-voucher akan berada di menu my e-voucher
Q17
Apakah e-voucher memiliki masa berlaku?
 
Setiap e-voucher memiliki syarat dan ketentuan berlaku yang berbeda-beda.
Q18
Berapa poin yang dibutuhkan untuk menukarkan e-voucher?
 
Poin dapat ditukarkan seharga dengan e-voucher yang ingin ditukarkan. (Contoh : 50.000 Poin dapat ditukarkan dengan e-voucher senilai Rp.50.000,-)
Q19
Apakah e-voucher yang telah ditukar dapat langsung digunakan?
 
Voucher yang telah di-redeem dapat langsung digunakan sesuai syarat dan ketentuan masing-masing e-voucher yang berlaku.
Q20
Apakah e-voucher dapat dikembalikan menjadi poin lagi?
 
Poin yang dimiliki tidak dapat diuangkan kembali. Poin dapat digunakan kapan saja karena tidak memiliki masa berlaku.
Q21
Apakah poin dapat diuangkan kembali?
 
Poin yang dimiliki tidak dapat diuangkan kembali. Poin dapat digunakan kapan saja karena tidak memiliki masa berlaku.